KESEHATAN
ALAT EVALUASI BELAJAR
ALAT EVALUASI BELAJAR
a. Skala
bertingkat (rating scale )
Skala
menggambarkan suatu nilai yang berbentuk angka terhadap suatu
hasil pertimbangan. Seperti Oppenheim mengatakan, “rating gives a
numerical value to some kind of judgement ”, maka
suatu skala selalu disajikan dalam bentuk angka.Contoh : skor yang diberikan
guru di sekolah untuk menggambarkan minat siswadalam proses belajar pelajaran
tertentu.
b. Kuesioner (Questionair )
Kuesioner
juga sering dikenal sebagai angket. Pada dasarnya, kuesioner adalahsebuah
daftar pertanyaan yang diisi oleh orang yang akan diukur (responden).Dengan
kuesioner ini orang dapat diketahui tentang keadaan/data diri,
pengalaman, pengetahuan sikap atau pendapatnya dan lain- lain
c. Pengamatan (Observation )
Pengamatan
atau observasi adalah suatu teknik yang dilakukan dengan caramengadakan
pengamatan secara teliti serta pencatatan secara sistematis. pengamatan
sebagai alat penilaian banyak digunakan untuk mengukur tingkah lakuindividu
maupun proses terjadinya suatu kegiatan yang diamati, baik dalam
situasisebenarnya maupun dalam situasi buatan.
d. Studi kasus
Studi
kasus pada dasarnya mempelajari secara intensif seorang individu yangdianggap
mengalami kasus tertentu. Kasus-kasus tersebut biasanya dipelajarisecara
mendalam dan dalam kurun waktu yang cukup lama. Studi Studi kasus dalam pembelajaran bias dilakukan oleh guru, guru
pembimbing, wali kelas, terutama untuk kasus-kasus siswa di sekolah. Misalnya
mempelajari khusus anak nakal, anak yang tidak bias bergaul dengan orang lain,
anak yang selalu gagal belajar dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar