Post Page Advertisement [Top]

KESEHATAN

ALAT EVALUASI BELAJAR

ALAT EVALUASI BELAJAR
a.      Skala bertingkat (rating scale )
Skala menggambarkan suatu nilai yang berbentuk angka terhadap suatu hasil pertimbangan. Seperti Oppenheim mengatakan, “rating gives a numerical value to some kind of judgement ”, maka suatu skala selalu disajikan dalam bentuk angka.Contoh : skor yang diberikan guru di sekolah untuk menggambarkan minat siswadalam proses belajar pelajaran tertentu.
b.      Kuesioner (Questionair )
Kuesioner juga sering dikenal sebagai angket. Pada dasarnya, kuesioner adalahsebuah daftar pertanyaan yang diisi oleh orang yang akan diukur (responden).Dengan kuesioner ini orang dapat diketahui tentang keadaan/data diri, pengalaman, pengetahuan sikap atau pendapatnya dan lain- lain
c.       Pengamatan (Observation )
Pengamatan atau observasi adalah suatu teknik yang dilakukan dengan caramengadakan pengamatan secara teliti serta pencatatan secara sistematis. pengamatan sebagai alat penilaian banyak digunakan untuk mengukur tingkah lakuindividu maupun proses terjadinya suatu kegiatan yang diamati, baik dalam situasisebenarnya maupun dalam situasi buatan.
d.      Studi kasus
Studi kasus pada dasarnya mempelajari secara intensif seorang individu yangdianggap mengalami kasus tertentu. Kasus-kasus tersebut biasanya dipelajarisecara mendalam dan dalam kurun waktu yang cukup lama. Studi Studi kasus dalam  pembelajaran bias dilakukan oleh guru, guru pembimbing, wali kelas, terutama untuk kasus-kasus siswa di sekolah. Misalnya mempelajari khusus anak nakal, anak yang tidak bias bergaul dengan orang lain, anak yang selalu gagal belajar dll.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]