PENDIDIKAN
MODEL-MODEL EVALUASI PENDIDIKAN
MODEL-MODEL EVALUASI PENDIDIKAN
1.
Model CIIP (Context, input, process, product)
Evaluasi
konteks (context) dimaksud untuk menilai kebutuhan, masalah, asset dan peluang
guna membantu pembuat kebijakan menetapkan tujuan dan prioritas. Serta membantu
kelompok mengguna lainya untuk mengetahui tujuan, peluang dan hasilnya.
2.
Model Kesenjangan
Evaluasi
model kesenjangan (discrepancy model) menurut provus (dalam Fernandes, 1984)
adalah untuk mengetahui tingkat kesesuaian antara baku (standard) yang sudah
ditentukan dalam program dengan kinerja (performance) sesungguhnya dari program
tersebut.
3.
Model Evaluasi Formatif
Tujuan dari
evaluasi formatif adalah untuk mengadakan penyesuaian didalam kegiatan
pendidikan begitu muncul kebutuhan, entah penyesuaian tersebut berkaitan dengan
personal, materi, fasilitas atau berkaitan dengan objektif pembelajaran, atau
bahkan dengan sikap diri sendiri.
4.
Model Evaluasi Sumatif (Hasil)
Tujuannya
adalah menjumlahkan apa yang terjadi sebagai hasil dari pendidikan .
Evaluasi sumatif (hasil) mengukur perubahan yang terjadi akibat dari
pembelajaran dan pengajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar