Post Page Advertisement [Top]

PENDIDIKAN

MODEL-MODEL EVALUASI PENDIDIKAN

MODEL-MODEL EVALUASI PENDIDIKAN
1.      Model CIIP (Context, input, process, product)
Evaluasi konteks (context) dimaksud untuk menilai kebutuhan, masalah, asset dan peluang guna membantu pembuat kebijakan menetapkan tujuan dan prioritas. Serta membantu kelompok mengguna lainya untuk mengetahui tujuan, peluang dan hasilnya.
2.      Model Kesenjangan
Evaluasi model kesenjangan (discrepancy model) menurut provus (dalam Fernandes, 1984) adalah untuk mengetahui tingkat kesesuaian antara baku (standard) yang sudah ditentukan dalam program dengan kinerja (performance) sesungguhnya dari program tersebut.
3.      Model Evaluasi Formatif
Tujuan dari evaluasi formatif adalah untuk mengadakan penyesuaian didalam kegiatan pendidikan begitu muncul kebutuhan, entah penyesuaian tersebut berkaitan dengan personal, materi, fasilitas atau berkaitan dengan objektif pembelajaran, atau bahkan dengan sikap diri sendiri.
4.      Model Evaluasi Sumatif (Hasil)
Tujuannya adalah menjumlahkan apa yang terjadi  sebagai hasil dari pendidikan . Evaluasi sumatif (hasil) mengukur perubahan yang terjadi akibat dari pembelajaran dan pengajaran.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]