Post Page Advertisement [Top]

PENDIDIKAN

PRINSIP-PRINSIP EVALUASI PENDIDIKAN

PRINSIP-PRINSIP EVALUASI
PENDIDIKAN
a.       Kepastian dan kejelasan.
Bila kita ingin mengevaluasi kemajuan belajar siswa maka pertama-tama kita identifikasi dan kita definisikan tujuan-tujuan instruksional pengajaran dan barulah kita kembangkan alat evaluasinya. Dengan demikian efektifitas alat evaluasi tergantung pada deskripsi yang jelas apa yang akan kita evaluasi.
b.      Teknik evaluasi
Bahwa tidak ada teknik evaluasi yang cocok untuk semua ke perluan dalam pendidikanl Tiap-tiap tujuan (pendidikan) yang ingin dicapai dikembangkan tekmk evaluasi tersendiri yang cocok dengan tujuan tersebut. Kecocokan antara tujuan evaluasi dan teknik yang digunakan perlu dijadikan pertimbangan utama.
c.       Komprehensif.
Bersifat mampu menangkap (menerima) dengan baik, luas dan lengkap mempunyai dan memperlihatkan wawasan yg luas. Evaluasi ini yang mampu mengukur tingkat kemampuan siswa dalam proses belajar, meskipun hanya dalam satu pertemuan jam pelajaran. Sebab dalam kenyataannya tiap-tiap teknik evaluasi mempunyai keterbatasan-keterbatasan tersendiri.
d.      Kesadaran adanya kesalahan pengukuran.
Evaluator menyadari bahwa dalam pengukuran yang dilaksanakan, hanya mengukur sebagian (sampel) saja dari suatu kompleksitas yang seharusnya diukur, lagi pula pengukuran dilakukan hanya pada saat tertentu saja.
e.       Evaluasi adalah alat, bukan tujuan.

Evaluator menyadari sepenuhnya bahwa tiap-tiap teknik evaluasi digunakan sesuai dengan tujuan evaluasi. Hasil evaluasi yang diperoleh tanpa tujuan tertentu akan membuang waktu dan uang, bahkan merugikan anak didik. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]